Mitos-Mitos Tentang Jerawat Yang Sebaiknya Kamu Tahu nih Bestie!

Hai Bestie, kamu pasti pernah dengar dari kebanyakan orang tentang jerawat. Yang katanya jerawat itu bisa disembuhkan dengan begini begitu. Atau jerawat terjadi gara-gara ini itu. Well, biar kamu nggak salah tangkap dan lebih jelas kebenarannya, simak artikel berikut yuk.

MinCa bakal kupas tuntas tentang mitos-mitos tentang jerawat yang sebaiknya kamu perlu tahu. Sehingga jika ada orang lain yang bilang begini begitu tentang jerawat, kamu nggak langsung percaya begitu saja ya. Terlebih jika yang mengatakan hal tersebut bukanlah dokter spesialis kulit.

By the way, info-info berikut sebagian juga berasal dari dokter kulit MinCa loh...
Apa saja sih mitos tentang jerawat itu?

1. Rajin mencuci wajah dapat mengurangi jerawat

Ternyata, rajin mencuci wajah tidak berpengaruh terhadap jerawat. Terlebih jika wajah kamu sensitif.

Muka yang kotor, memang akan cenderung berjerawat. Terutama jika memiliki kulit berminyak. Mencuci muka adalah salah satu usaha untuk menjaga wajah tetap bersih dan menghilangkan minyak yang menumpuk. Namun, apakah kita harus sering cuci muka untuk menghilangkan jerawat?

Jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan tersumbatnya pori-pori oleh debu dan kotoran. Yang kemudian menyebabkan peradangan. Kalau kita mencuci wajah, mengapajustru menyebabkan jerawat?

Sebenarnya yang menyebabkan jerawat adalah minyak yang diproduksi berlebih setelah mencuci wajah. Karena setelah mencuci wajah, menjadi kering bebas minyak. Dan kulit merespon tersebut dengan memproduksi minyak berlebih lagi untuk menjaga kelembaban kulit, karena kulit dianggap kering apabila tidak berminyak. Namun minyak berlebih inilah yang justru menjadi penyebab jerawat.

Selain itu, faktor sabun yang digunakan. Untuk wajah berminyak gunakan sabun yang ringan dan tidak mengangkat seluruh minyak. Agar kulit tidak meresponnya sebagai kulit yang kering dan memproduksi minyak yang lebih banyak lagi.

2. Pasta gigi membantu mengurangi peradangan

Banyak sekali yang menggunakan pasta gigi untuk meredakan jerawat. Hal ini tidaklah bisa dibenarkan. Meskipun dapat sedikit mengeringkan jerawat, namun bahan dan kandungan lain pada pasata gigi justru dapat mengiritasi jerawat. Oleh karena itu jangan gunakan pasta gigi untuk meredakan peradangannya jika sudah membenjol.

3. Jerawat akan hilang sendiri setelah dewasa

Jerawat disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori-pori. Jadi tidak ada hubungannya dengan usia. Jerawat tetap bisa muncul kapan saja meskipun sudah tua sekalipun. Hanya saja hormon orang dewasa tidak seaktif saat masa pubertas, sehingga jerawat yang muncul juga tidak banyak seperti anak remaja.

Bahkan saat dewasa jerawat juga masih bisa muncul karena ketidak seimbangan hormon, atau pengaruh dari obat-obatan tertentu.

4. Saat berjerawat tidak boleh menggunakan make up

Boleh kok, banyak sekali kosmetik yang dikhususkan untuk wajah berjerawat. Gunakan kosmetik yang memiliki keterangan non-acnegenic atau non-comedogenic pada kemasannya. Namun, di malam hari sebelum tidur anda tetap harus membersihkan wajah dengan bersih untuk menghindari kosmetik menumpuk pada pori-pori dan menyebabkan penyumbatan. Selalu gunakan micellar water untuk menghapus make up.

5. Memencet jerawat keluar agar peradangannya cepat mereda

Memang benar, peradangan jerawat akan mereda apabila isinya telah dikeluarkan. Karena isi peradangan merupakan sampah yang bercampur dengan bakteri penyebab jerawat.

Namun, dengan memencetnya belum tentu bisa meredakan peradangan. Bahkan, bahteri di dalamnya bisa meleber ke luar dan memperluas area yang terinfeksi bakteri. Bahkan, akan meninggalkan bekas noda hitam pada area yang berjerawat.

6. Menggunakan sunscreen atau tabir surya dapat memperparah jerawat

Jenis kulit tiap orang berbeda-beda. Ada yang mudah berminyak, ada pula yang kering. Dengan begitu penangannya juga berbeda. Termasuk penggunaan sunscreen. Apakah aman digunakan? Tentu saja aman. Sunscreen pun juga ada jenisnya yang khusus untuk wajah berjerawat atau berminyak.

7. Jerawat muncul disebabkan oleh kulit yang kotor

Belum tentu. Jerawat pun bisa disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dan keturunan. Pasti pernah mengalami, ada seseorang yang rajin merawat wajah namun tetap berjerawat, sedangkan orang lain yang tidak pernah merawat wajah namun tidak pernah berjerawat. Seperti itulah contohnya.

8. Menggunakan obat jerawat terus menerus agar jerawat cepat hilang

Hal ini salah besar. Menggunakan obat jerawat terus menerus dapat membuat kulit kering dan mudah iritasi. Untuk penggunaan rutin cukup menggunakan krim malam hari yang dikhususkan untuk kulit berjerawat dan berbahan ringan. Kulit yang terlampau kering akan lebih mudah bersentuhan langsung dengan debu dan polusi yang ada, sehingga iritasi lebih mudah terjadi.

9. Kacang menyebabkan jerawat

Kacang apa dulu nih? Kacang sebenarnya bukanlah penyebab jerawat. Yang menyebabkan jerawat itu adalah kacang telor, di mana kandungan telurnya-lah yang menyebabkan jerawat. Jadi bukan kacangnya ya bestie...

Jadi jika berjerawat, hindari mengkonsumsi telur ataupun yang berbahan telur. Jika terpaksa harus makan telur, makanlah bagian putihnya saja, jangan bagian kuningnya.

Itulah tadi mitos-mitos yang sudah umum diyakini oleh banyak orang sebagai penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat yang terlanjur membandel, gunakan You Need Me Acne Care Gel, untuk meredakan peradangan akibat jerawat dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Kenapa harus You Need Me Acne Care Gel?

You Need Me Acne Care Gel mengandung Niacinamide dan Aloevera yang tentunya bagus untuk melawan jerawat serta memperepat pernyembuhan jerawat. Dan kabar baiknya, You Need Me merupakan basic skincare yang sangat aman untuk kamu yang bahkan baru pertama kali mau coba skincare-an.

Kandungan Niacinamide pada You Need Me adalah 4%, di mana persentase aman penggunaan Niacinamide bahkan untuk pemula skincare-an.

Dipadu dengan Aloevera yang merupakan antibiotik alami untuk melawan bakteri penyebab jerawat serta membantu menghaluskan kulit dan mempercepat penyembuhan.

Kamu bisa dapatkan You Need Me di official store, maupun marketplace kesayangan kamu bestie!

0 komentar:

Posting Komentar