10 Perubahan Gaya Hidup yang dapat Membantu Mengatasi Jerawat

You Need Me – Jerawat merupakan suatu penyakit kulit yang sering terjadi baik kaum pria dan wanita. Jerawat merupakan peradangan kulit dimana kelenjar minyak terinfeksi bakteri, tersumbat oleh nanah dan akhirnya membengkak.

Jerawat umumnya terjadi pada leher, wajah, punggung dan bahu. Walaupun bukan kondisi kritis, jerawat dapat membuat seseorang depresi karena penampilan mereka. Tak heran jika banyak obat-obatan dan juga krim perawatan wajah yang dapat membasmi jerawat dengan cepat.

Sebenarnya, tidak perlu repot merogoh kocek cukup dalam untuk mengobati jerawat. Ada banyak metode alami yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat membandel.

Berikut 10 Perubahan Gaya Hidup yang dapat Membantu Mengatasi Jerawat

1. Gunakan You Need Me Acne Care Gel saat Timbul Jerawat

Dirancang untuk membantu menyeimbangkan tingkat sebum pada kulit berminyak dan kulit yang cenderung berjerawat You Need Me Acne Care Gel ini membantu menenangkan dan membersihkan kulit dari masalah jerawat.

Acne Care Gel mengurangi kelebihan minyak pada wajah saat malam hari. Sehingga pada pagi hari jerawat akan mengelupas dengan sendirinya.

2. Benahi pola makan

Hindari makanan dan camilan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh.

Terlalu banyak insulin dalam tubuh akan menyebabkan perubahan metabolisme tubuh yang memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada. Insulin juga akan memicu produksi sebum (minyak) berlebih sebagai penyebab jerawat.

Jerawat membandel akan berangsur menghilang seiring Anda mengganti pola makan dengan menu makanan yang lebih sehat. Tukar nasi putih, pasta, roti tawar, dan gula dengan produk-produk gandum utuh, kacang dan biji-bijian, serta sayur dan buah-buahan segar.

3. Tidur cukup

Stres merupakan faktor penting penyebab jerawat. Tidak hanya dapat membuat Anda kurang tidur dan menurunkan stamina tubuh, stres juga menyebabkan peningkatan produksi hormon glukokortikoid pemicu sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat.

Begadang menyebabkan peningkatan inflamasi sitokin. Peningkatan zat-zat asing dalam tubuh akan meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan yang dipicu oleh peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh. Selain itu, kurang tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat. Tubuh akan diforsir untuk memproduksi lebih banyak insulin yang menyebabkan peradangan dan produksi sebum (minyak) meningkat, sehingga berpotensi untuk pembentukan jerawat.

Tidur membantu proses detoksifikasi pada tubuh dan wajah. Untuk membantu Anda cukup tidur di malam hari, situasikan kamar tidur Anda senyaman mungkin. Singkirkan segala gangguan (handphone, tv, laptop), matikan lampu kamar, dan atur suhu pendingin ruangan (18-22ºC). Temperatur sejuk akan membantu Anda terlelap lebih cepat dan lebih lama.

4. Banyak minum air

Air putih dapat membantu proses detoksifikasi dan menjaga kelembapan kulit dari dalam. Walaupun belum ada cukup penelitian yang membuktikan bahwa racun dalam tubuh memiliki andil dalam meradangnya jerawat, namun peneliti menyimpulkan konsumsi cukup air putih setidaknya dua gelas sehari akan membantu memperlancar peredaran darah yang mungkin dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat membandel.

5. Cuci muka sebelum berolahraga, kemudian setelahnya

Mungkin agak sulit melihat hubungan antara menghilangkan jerawat dengan olahraga. Sederhana saja, berolahraga rutin akan mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati sebagai penyebab jerawat membandel. Aktivitas fisik yang padat dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memperlancar penyebaran oksigen yang merata mencapai sel-sel kulit wajah. Selain itu, berolahraga akan memicu produksi keringat keluar dari kelenjar pori untuk membilas kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori.

Namun banyak orang yang tahu bahwa mencuci muka sebelum olahraga ternyata sama pentingnya dengan mencuci muka setelah olahraga. Mengapa? Saat Anda berkeringat ketika berolahraga, pori-pori akan terbuka dan memudahkan bakteri, makeup, debu, serta kotoran lainnya terperangkap di kulit dan menyebabkan jerawat di masa depan. Jadi sebelum Anda berkeringat, pastikan pori-pori Anda dalam keadaan bersih.

6. Konsumsi omega-3

Asam lemak omega-3 terbukti dapat mengontrol produksi leukotriene B4, senyawa kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan jerawat meradang.

Omega-3 umum ditemukan dalam suplemen vitamin, atau makanan seperti kacang walnut, alpukat, flaxseed oil, dan salmon.

7. Gunakan tabir surya

Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan, kemerahan, dan munculnya flek hitam pada wajah. Berlama-lama di luar ruangan tanpa perlindungan tabir surya juga memperbesar risiko kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi dalam jangka waktu minimal 20 menit setiap kali sebelum Anda keluar rumah.

Jika kulit wajah Anda rentan jerawat, gunakan tabir surya yang mengandung senyawa kimia ringan, seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate, octocylene, dan zinc oxide. Pilih tabir surya dengan label “noncomedogenic” untuk mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat baru.

8. Bersihkan handphone

Handphone adalah tempat terbaik bagi bakteri untuk hidup dan berkembang biak. Setiap hari, handphone Anda terkena paparan ribuan bakteri yang berpindah dari tangan (saat Anda mengetik) ke wajah Anda (saat menelepon), atau sebaliknya.

Lebih lagi, panas yang diproduksi oleh baterai handphone adalah medium yang tepat bagi bakteri untuk berkembang biak.

Solusinya: selalu siap sedia tissue basah anti bakteri dan bersihkan permukaan handphone Anda setiap kali akan menggunakan.

9. Rajin cuci muka

Wajah Anda merupakan lokasi favorit untuk bakteri berkembang biak, terutama setelah seharian penuh beraktivitas luar ruangan. Sebum yang diproduksi oleh wajah akan bercampur dengan segala macam residu kotoran, debu jalanan, dan makeup, dan berpotensi menyumbat pori-pori. Ini adalah kombinasi sempurna penyebab timbulnya jerawat dan komedo.

Penting untuk rutin cuci muka dua kali sehari di pagi dan malam hari, terutama jika Anda tinggal dan beraktivitas di area tinggi polusi. Jika Anda hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat saja di malam hari.

Apakah ini berarti Anda boleh bolos cuci muka di pagi hari? Tentu tidak. Ketika Anda tidur, kulit wajah Anda melakukan ritual self-cleansing, mendorong limbah dan kotoran sisa keluar melalui kelenjar keringat dan pori-pori. Tetap ada residu sampah yang tersisa pada kulit Anda di pagi hari. Jadi ya, Anda sebaiknya mencuci muka dua kali sehari.

10. Hati-hati dengan produk styling rambut

Berbagai produk rambut yang lengket dan berminyak sangat berbahaya untuk kulit wajah. Produk ini akan bereaksi dengan kulit wajah ketika Anda tertidur. Partikel produk rambut ini akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Selain itu, gaya rambut berponi juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Debu dan keringat mudah menempel di rambut. Gesekan antara rambut yang kotor dengan kulit wajah akan menyebabkan bakteri berpindah tempat dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Solusinya, saat mandi, keramas dan gunakan kondisioner dahulu, dan cuci muka belakagan, untuk menghindari sisa produk rambut “luntur” mengenai wajah. Setelah kotoran dan produk dari rambut dibersihkan, sabun muka akan membilas segala residu yang mungkin tertinggal di kulit wajah. Sebaiknya pilih rangkaian produk yang bebas minyak dan menggunakan bahan alami sehingga tidak berbahaya untuk kulit.

Untuk menyiasati jerawat akibat poni, Anda bisa menjepit poni ke belakang saat bersantai atau ketika berolahraga untuk menghindari keringat dan debu menempel di dahi. Atau jika Anda tidak mencuci rambut setiap hari, cucilah hanya bagian poni setiap malam sebelum tidur.

Nah, itu tadi 10 Perubahan Gaya Hidup yang dapat Membantu Mengatasi Jerawat untuk Anda. Silahkan gunakan You Need Me Acne Care Gel untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat,

0 komentar:

Posting Komentar